Jumat, 24 Februari 2012

sejarah jurusan manajemen sumberdaya perairan

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan berada di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau dan merupakan lembaga yang mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam bidang ilmu yang berkaitan dengan sumberdaya perairan, baik pengelolaan maupun pemanfaatannya secara lestari.
Jurusan ini didirikan pada tahun 1984 dan pada tahun 1996 nama jurusan distandartkan secara nasional. Pendirian jurusan ini dimaksudkan untuk menyediakan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan di bidang pengelolaan sumberdaya perairan di Riau khususnya.
Telah diketahui bahwa Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan sumberdaya alam. Banyaknya sumberdaya alam ini membuat banyak investor baik dari dalam maupun luar negeri tertarik untuk menanamkan modal dengan cara mendirikan berbagai macam industri di Riau.
Meskipun peningkatan industri ini membawa dampak positif secara ekonomi, tetapi juga menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Adanya pembukaan lahan baru, peningkatan daerah pertanian, peningkatan daerah pemukiman, perkebunan dan pertambangan telah menimbulkan kerusakan lingkungan seperti punahnya flora/ fauna serta terganggunya ekosistem, baik ekosistem daratan maupun perairan.
Kerusakan lingkungan di Riau ini kebanyakan terjadi karena adanya buangan limbah industri yang tidak diolah dengan baik ke lingkungan sekitar, terutama ke lingkungan perairan. Meskipun sudah ada beberapa industri yang sudah mengolah limbah yang mereka hasilkan, tetapi masih banyak industri yang belum mengolah limbah. Atau pengolahan limbah yang dilakukan masih belum maksimal sehingga pembuangan limbah tersebut ke perairan akan mengganggu ekosistem perairan secara umum dan bahkan memusnahkan beberapa jenis biota seperti ikan, tumbuhan dan hewan-hewan air yang lain.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi dampak pencemaran limbah industri di Riau ini adalah dengan melakukan pengolahan limbah sebelum limbah tersebut dibuang ke lingkungan. Berdasarkan wawancara informal dengan beberapa staf perusahaan diketahui bahwa setiap perusahaan memerlukan sedikitnya 2 pekerja yang terampil di bidang pengelolaan sumberdaya perairan, termasuk pengolahan limbah yang akan dibuang ke lingkungan.
Karena Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan di FAPERIKA UNRI mempunyai misi untuk mendidik mahasiswa sehingga mempunyai kompetensi di bidang pengelolaan sumberdaya perairan, maka diperkirakan banyak lapangan kerja di berbagai industri yang dapat diisi oleh lulusan MSP.

0 Comments:

blogger templates 3 columns | Make Money Online